Pelepasan Bantuan Oleh Dekan dan WD1 FBA Unmas

Sabtu, 30 Oktober 2021  rombongan Fakultas Bahasa Asing (FBA) Universitas Mahasaraswati Denpasar menyumbangkan sejumlah bantuan sembako, pakaian, uang tunai dan lain-lain untuk warga Temakung, Desa Ban, Kabupaten Karangasem, korban gempa yang terjadi pada Sabtu subuh, 16 Oktober silam dengan kekuatan 4,8 Skala Richter. Rombongan terdiri dari perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) 4 orang, Clean Up Bali (CUB) 4 orang, dan seorang  dosen pendamping

Penyerahan Bantuan

Bantuan diterima oleh perwakilan warga, yaitu Bapak Putu Yasa yang turut disaksikan oleh putra Sekretaris Desa Ban, Bapak Nyoman Disi beserta istri dan juga beberapa warga setempat. Saat gempa terjadi, Bapak Putu Yasa sendiri menyaksikan rumah tempat tinggalnya roboh rata dengan tanah dan harus tinggal di tenda darurat beratap terpal untuk sementara waktu, bersama istri dan ketiga anaknya sampai ia dapat memperbaiki kembali rumahnya. Bapak Putu Yasa menyambut gembira dan penuh rasa syukur atas sumbangan bantuan yang diterima. Ia menceritakan kronologis kejadian gempa pada hari itu. Gempa terjadi  saat semua sedang tidur terlelap, guncangan gempa tiba-tiba terasa sangat kuat. Dalam hitungan detik, rumahnya roboh dan seketika itu juga lampu padam sehingga terasa gelap gulita. Dalam kegelapan ia berteriak-teriak memanggili istri dan anak-anaknya dengan penuh kekhawatiran. Betapa leganya ia saat menemukan istri dan ketiga anaknya selamat, walau mengalami luka ringan. Bapak Putu Yasa sendiri tertimpa batako dan benda-benda lainnya di kepala dan tubuhnya. Jahitan luka di kepala dan bekas luka di tubuhnya masih bisa dilihat dengan jelas. Ia tak henti-hentinya mengucapkan terima kasih kepada rombongan dan menitip pesan kepada lembaga bahwa sumbangan ini sangat berarti bagi mereka baik secara moril maupun materi. Sejak gempa, beberapa warga masih fokus memperbaiki kerusakan akibat gempa sehingga tidak dapat mencari nafkah secara maksimal. Hal ini tentunya secara otomatis mengurangi penghasilan mereka, sehingga bantuan ini sangat membantu hidup mereka sehari-hari.

Penduduk Menerima Bantuan

Ketua BEM FBA UNMAS Denpasar, Ni Putu Ayu Diantari dan Ketua UKM Clean Up Bali (CUB), Ni Made Mutiara Deca Sagitarini, didampingi dosen pendamping Ibu Betty Aritonang menyampaikan rasa senang dan terharunya dapat berbagi dengan warga yang sangat membutuhkan uluran tangan. Ia merasakan pedih melihat anak-anak kecil harus bermalam di tenda darurat karena kehilangan tempat tinggal dan mendoakan supaya makin banyak lagi yang bisa mengulurkan tangan untuk mereka agar mereka dapat tinggal di tempat yang lebih layak. Ketua BEM dan ketua CUB juga aktif menanyakan seputar kehidupan sehari-hari warga seperti sumber mata pencaharian pokok, sekolah terdekat untuk anak-anak setempat, permasalahan yang dialami warga, dan lain-lain. Setelah banyak bertanya, para mahasiswa menemukan masalah yang dihadapi warga yaitu kekurangan air bersih. Warga harus membeli air bersih Rp 300.000  per 5000 liter air untuk kebutuhan air selama 1 bulan. Apabila musim penghujan datang, warga bisa menghemat biaya pembelian air bersih dengan menampung air hujan di sumur masing-masing.

Proyek Kemanusiaan ini merupakan inisiasi Unit Kegiatan Kemahasisawaan Clean Up Bali (CUB) berkolaborasi dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) untuk membantu korban gempa dengan menggalang dana di lingkungan Fakultas Bahasa Asing. Proyek Kemanusiaan ini adalah bentuk pembelajaran di luar kelas dengan tujuan melatih jiwa kepemimpinan, rasa tanggung jawab serta jiwa kepedulian mahasiswa dalam menanggapi keadaan dan permasalahan yang terjadi di masyarakat. Hal ini sejalan dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Kemdikbudristek. FBA UNMAS Denpasar selalu aktif mengimplementasikan program MBKM dengan melihat tantangan sebagai peluang untuk memperluas pengalaman mahasiswa selama kuliah di FBA Unmas Denpasar yang sesuai dengan visi FBA UNMAS Denpasar yaitu “Menjadi Fakultas Bahasa Asing yang Bermutu dan Berbudaya Dalam Menghasilkan Sumber Daya Manusia Kompeten dan Siap Bersaing di Era Global”. Masih banyak lagi program MBKM lain yang dilaksanakan di FBA UNMAS Denpasar seperti Kampus Mengajar Angkatan 1 dan 2, KKN Tematik, Magang dan Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Di samping aktif dalam mengikuti berbagai kegiatan MBKM yang diselenggarakan oleh Kemdikbudristek, FBA Unmas Denpasar juga memiliki program MBKM Mandiri dengan bekerjasama dengan Perguruan Tinggi lain maupun dunia usaha dan industri di dalam maupun luar negeri.

Bantuan Sembako dari Civitas Akademika FBA Unmas

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *