Rektor Saitama Junshin College Memberikan Sambutan

Kegiatan kelas belajar kolaborasi FBA UNMAS Denpasar dengan mitra kampus Jepang sudah dimulai lagi di semester ganjil ini. Salah satu mata kuliah di Prodi Sastra Jepang (semester VB) dikolaborasikan dengan mata kuliah 異文化理解 IBUNKARIKAI (yang artinya Cross-culture Understanding) di Saitama Junshin College, Jepang. Kuliah kolaborasi  ini akan diselenggarakan sebanyak 5 kali dari November-Desember 2021. Pada setiap pertemuan, masing-masing mahasiswa akan mempresentasikan budayanya masing-masing sesuai tema yang ditentukan, yang kemudian dilanjutkan dengan  tanya jawab. Hari ini, 5 November 2021, mahasiswa Prodi Jepang FBA UNMAS Denpasar memperkenalkan tentang Bali dan kehidupan mahasiswa di Bali, serta mengadakan tur online memperkenalkan kampus Mahasaraswati kepada mahasiswa Saitama Junshin College. Kelas kolaborasi seperti ini sebenarnya telah dilaksanakan sejak tahun lalu. Sebelum pandemi, kelas kolaborasi pertukaran budaya seperti ini dilaksanakan secara tatap muka di setiap bulan Februari atau Maret. Mahasiswa Saitama Junshin College berkunjung langsung ke kampus Mahasaraswati Denpasar. Meski demikian,  pandemi tidak menghalangi Kerjasama seperti ini untuk tetap terus dilaksanakan.

Kelas kolaborasi pertukaran budaya seperti ini adalah salah satu kegiatan belajar untuk mempraktekkan langsung Bahasa Jepang yang sudah dipelajari di kelas dan juga untuk meningkatkan pemahaman budaya kedua mahasiswa.

Pertemuan perdana periode  ini  juga dihadiri oleh Rektor Saitama Junshin College, yaitu Toshihisa Fujita sensei. Beliau menyampaikan kerinduannya pada  Bali dan berharap tahun depan sudah bisa berkunjung lagi ke UNMAS Denpasar.

Selain dengan Saitama Junshin College, FBA Unmas juga mengadakan kelas kolaborasi pertukaran budaya dengan mitra kampus lainnya di Jepang.  Walau masih belum bisa melakukan pertemuan tatap muka dan melakukan perjalanan lintas negara, hal ini tidak menghalangi FBA UNMAS Denpasar untuk tetap berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran melalui Kerjasama baik dengan mitra kampus dalam maupun luar negeri.

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *