Pada hari  Kamis, 28 Oktober 2021, Fakultas Bahasa Asing (FBA) UNMAS Denpasar mengadakan pertemuan melalui Zoom Meeting  dengan Monogatari Corporation Co.LTD dengan maksud bersilaturahmi dan sekaligus memperkenalkan mahasiswa yang lolos seleksi beasiswa bantuan pendidikan dari Monogatari Corp.  periode Sept 2021 – Agustus 2021. Pertemuan dihadiri Wakil Dekan 1, Wakil Dekan 2, Unit Kehumasan, Kaprodi Sastra Jepang, pelaksana teknis kerjasama yaitu Ibu Betty Aritonang, dan keempat mahasiswa penerima beasiswa. Sementara, dari pihak Monogatari Corp. diwakili oleh Mr. Kitamura Satoshi dan Ms. Miyahara Sayaka dari Divisi Human Resource Support.

FBA telah menjalin kerjasama dengan Monogatari Corp. sejak 2014, dan menyepakati untuk membuat hubungan kerjasama ini dengan secara resmi dengan menjalin MoU di tahun 2016 sampai sekarang. Salah satu bentuk kerjasama yang dituang dalam MoU adalah upaya peningkatan SDM di kedua lembaga. Realisasi dari MoU tersebut adalah  perusahaan Monogatari tiap tahun mengadakan kunjugan ke FBA dan memberikan kuliah umum mengenai dunia kerja khususnya di industri kulinari di Jepang serta materi tentang filosofi perusahaan Smile & Sexy yang menjadi kunci keberhasilan perusahaan ini menduduki peringkat atas di industri kulinari di Jepang. Perusahaan ini memiliki 16 brand restoran yang terkenal di Jepang seperti Yakiniku, Ramen, Sushi, Shabu-shabu dll, serta mempunyai cabang restoran di seluruh wilayah di Jepang sebanyak 540 cabang dan 11 cabang di Taiwan. Perwakilan Monogatari juga selalu turut memeriahkan acara tahunan Festival Budaya (Bunkasai) di FBA dan menyiapkan doorprize yang dibawa dari Jepang kepada para pengunjung yang memenangkan kuis.

Selain kerjasama berupa kuliah umum dan partisipasi aktif dari Monogatari Corp, FBA juga telah merekomendasikan beberapa alumninya untuk bekerja di perusahaan Monogatari Corp di Jepang, dan sampai sekarang sudah sebanyak 12 alumni yang telah berkarir  dan sekarang menempati posisi penting di perusahaan cabang di Jepang.

Sejak tahun 2018, Monogatari Corp menyediakan beasiswa untuk membantu biaya pendidikan mahasiswa Prodi Sastra Jepang sebanyak 4 orang mahasiswa setiap tahunnya. Mahasiswa yang berprestasi secara akademik dan juga aktif terlibat dalam kegiatan kampus akan diprioritaskan lolos seleksi beasiswa ini. Tahun ini, mahasiswa yang lolos seleksi beasiswa ini adalah Nicky Tirta (Semester VB), Gede Timika Wijaya (Semester VA), I Made Vikananda Satrya Wibawa (Semester VIIA), Hanny Devania Saputri (Semester VIIB). Mahasiswa mendapat bantuan dana sekitar 14 juta dalam 1 tahun.

Dalam sambutannya, Ibu Dr. Desak Putu Eka Pratiwi selaku WD1 menyampaikan apresiasi kepada Monogatari Corp yang telah dengan konsisten menjalin hubungan kerjasama dengan baik, mengharapkan kesinambungan kerjasama kedepannya, juga menyampaikan harapan kepada para penerima beasiswa agar terus mempertahankan prestasi dan eksistensinya di kegiatan kampus.

Mr. Kitamura menyambut gembira sambutan dan pesan-pesan WD 1 dan juga menyatakan apresiasinya kepada FBA yang juga senantiasa menjalin Kerjasama yang baik, dan berharap bisa secepatnya Kembali ke Bali lagi untuk melaksanakan kegiatan seperti sebelum pandemi melanda. Beliau menyampaikan bahwa pertemuan ini akan di-release di pertemuan rutin mingguan di setiap hari Senin (Choorei) di seluruh cabang di Jepang sebagai laporan Kerjasama aktif dengan FBA UNMAS Denpasar, sehingga seluruh pegawai Monogatari Corp juga mendapat informasi ter-up-to-date di bidang kerjasama luar negeri.

Mahasiswa penerima beasiswa juga berkesempatan menyampaikan rasa terima kasihnya karena terpilih sebagai penerima beasiswa tahun ini, di mana bantuan Pendidikan seperti ini sangat membantu meringankan beban keluarga baik dan juga mahasiswa ybs secara materi maupun psikis agar tetap termotivasi mengejar cita-cita masing-masing

 

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *