Pada tanggal 27 September 2021, UKM Himpunan Mahasiswa Pecinta Alam (Himapalhi) Fakultas Bahasa Asing Universitas Mahasaraswati Denpasar berpastisipasi dalam lomba aksi kreatif penyelamatan lingkungan dari sampah yang di selenggarakan oleh BASAbali Wiki. Lomba ini bertujuan sebagai wadah untuk berbagi wawasan atau aksi kreatif seputar pengelolaan sampah dengan narasi berbahasa Bali, sehingga sekaligus mempromosikan penggunaan bahasa Bali. Dalam lomba ini, para peserta diminta untuk membuat video aksi kreatif serta deskripsi dari video tersebut tentang pengelolaan sampah dalam bahasa Bali, UKM Himapalhi mengkampanyekan tentang pemanfaatan sampah plastik menjadi suatu karya seni berupa lukisan mozaik.

    Salah Satu Kreasi Karya Mozaik dari Sampah

 

Para anggota Himapalhi yang berpartisipasi dalam permbuatan video tersebut adalah Novansius Aldo (Prodi Sastra Inggris 2019), Fendianus Gebi (Prodi Sastra Inggris 2019), Fransiskus Xaverius Sau (Prodi Sastra Inggris 2020), I Putu Yoga Arya Wahyuda (Prodi Sastra Inggris 2020), dan Gerdi Kafi Lole (Prodi Sastra Inggris 2017). Yang menjadi hal menarik dari dari video produksi Himapalhi FBA Unmas  tersebut adalah para aktor atau pemeran dalam video yang berbahasa Bali tersebut sebagian besar berasal dari luar bali (NTT). Hal ini menjadi wujud sikap toleransi, persatuan dan sikap saling menghargai berbagai budaya, bahasa dan suku bangsa yang ada di Indonesia yang perlu terus dikembangkan.

Tim Peserta Lomba

Proses pengambilan video di lakukan di Gor Ngurah Rai dan Jl. Ratna Denpasar.  Adapun tantangan yang dihadapi para aktor atau pemeran  adalah harus menghafal script yang berbahasa Bali serta menjiwai peran mereka masing-masing. Belum lagi permasalahan teknis berupa gangguan koneksi internet  saat pengiriman video tersebut yang membuat para tim kreasi hampir terlambat memposting video tersebut dalam lomba.

“ Video yang lucu, menarik, edukatif dan informative. Well done”  begitu komentar Dwi Jayanthi salah satu juri dari PlastikDetox.

“Harapan kami dari UKM Himapalhi adalah  semoga video singkat kami atau aksi kreatif kami bisa memberikan ide dan wawasan ke masyarakat umum tentang pemanfaatan sampah plastik. Kami berterima kasih kepada pihak BASAbali Wiki sebagai penyelenggara lomba, FBA Unmas Denpasar dan Pembina UKM Himapalhi, I Wayan Juniartha, yang telah mendukung pelaksanaan lomba  ”  sambut Ketua UKM Himapalhi. Adapun link video tersebut dapat dilihat pada lin https://www.youtube.com/watch?v=SBt5eOJfp6I k Youtube :

JADILAH AGEN PERUBAHAN DENGAN MEJAGA SERTA MELESTARIKAN BUMI PERTIWI.

SALAM LESTARI!!

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *