Pada hari Rabu, 2 Juni 2021, Program Studi Sastra Jepang Fakultas Bahasa Asing Universitas Mahasaraswati Denpasar melaksanakan Seminar Nasional Sastra, Bahasa dan Budaya (SEBAYA) ke-1 secara virtual. Acara Seminar Nasional Sastra, Bahasa dan Budaya atau SEBAYA merupakan agenda rutin Program Studi Sastra Jepang yang rencananya dilaksanakan setiap tahun, dan tahun ini adalah tahun perdana pelaksanaan SEBAYA. Tahun ini, SEBAYA mengusung tema “Implementasi Kebahasaan dan Kebudayaan Jepang di Masa Pandemi” dengan menghadirkan 3 Pembicara Utama, yaitu:

  1. Mr. Morita Mamoru, Tenaga Ahli Bahasa Jepang  The Japan Foundation, Jakarta.
  2. Dr. R. Kunjara Rahardi, M.Hum., Universitas. Sanata Dharma Yogyakarta, membawakan materi bertema Cyberlinguistik.
  3. Susy Ong, Ph.D., Universitas Indonesia, membawakan materi bertema Asal Usul dan Transformasi Matsuri di Jepang

Selain Pembicara Utama, SEBAYA juga dihadiri oleh 22 orang pemakalah yang mengisi sesi parallel yang mempresentasikan hasil penelitian terkait sastra, budaya dan bahasa, serta peserta lain yang terdiri dari guru Bahasa Jepang, dosen, akademisi, mahasiswa dan umum.

Pelaksanaan SEBAYA ini diharapkan dapat menjembatani komunikasi antara peneliti dan akademisi di bidang kebahasaan, kesusastraan dan kebudayaan Jepang pada khususnya. Selain itu bisa menjadi penyampaian informasi baru kepada khalayak umum tentang fenomena kebahasaan di masa pandemi.

 

 

 

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *