Workshop Penyusunan Perangkat Kurikulum Berbasis OBE (Outcome Based Education) bagi  Dosen FBA Unmas Denpasar

Pada Sabtu, 2 Oktober 2021, Fakultas Bahasa Asing (FBA) Universitas Mahasaraswati Denpasar telah menyelenggarakan  “Workshop Penyusunan Perangkat Kurikulum Berbasis OBE (Outcome Based Education)”  secara daring. Sebagai pemateri,  diundang Dr. Drs Muhammad Rosiawan, MT. dari Universitas Surabaya.  Workshop  dibuka oleh Dekan FBA Unmas Denpasar dan diikuti sekitar 50 dosen dari  Program Studi Sastra Inggris dan Sastra Jepang.

Pada workshop tersebut, pembicara  menekankan  mengenai paradigma kurikulum berbasis OBE. Dalam kurikulum OBE, penilaian ketuntasan belajar mahasiswa ditentukan berdasarkan capaiannya, yakni kemampuan luaran yang telah ditetapkan sebelumnya.  Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) pertama-tama ditetapkan oleh Program Studi.  CPL merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan keterampilan yang ditetapkan oleh  program studi  berdasarkan kajian-kajian pendahuluan. CPL Prodi kemudian diturunkan menjadi Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK),  yakni kemampuan yang dibebankan kepada mata kuliah yang bersifat spesifik tergantung dari materi mata kuliah tersebut.  Dalam pembuatan RPS, dosen harus mampu menyusun CPMK secara sistematis dengan pengukuran yang tepat.

OBE adalah proses yang melibatkan restrukturisasi kurikulum, penilaian dan praktik pelaporan dalam pendidikan untuk mencerminkan pencapaian pembelajaran dan penguasaan tingkat tinggi daripada akumulasi kredit mata kuliah. OBE menyediakan kegiatan belajar yang akan membantu peserta didik mencapai hasil lulusan yang lebih relevan dengan industri dan pemangku kepentingan lainnya dalam masyarakat. Dengan demikian Continuous Quality Improvement adalah konsekuensi tak terhindarkan dari OBE

Dalam workshop juga dilakukan bedah salah satu Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang telah dibuat sehingga para dosen memiliki gambaran langsung mengenai kekurangan dari RPS yang ada untuk dapat direvisi kembali. Acara diakhiri dengan sesi diskusi untuk menjawab berbagai pertanyaan dari para dosen mengenai penyusunan RPS berbasis OBE.

Dari workshop ini, diharapkan para dosen mendapatkan pemahaman yang baik mengenai kurikulum berperspektif  OBE serta bagaimana menyusun perangkat kurikulum, khususnya  RPS  yang baik untuk masing-masing mata kuliah yang diampu.

 

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *